SELAMAT DATANG DI BLOG DOKTER GAUL

TERIMA KASIH TELAH MAU BERKUNJUNG

Senin, 08 Oktober 2012

SISA AKAR GIGI


Pencabutan tidak sempurna yang ditandai dengan tertinggalnya sebagian akar bahkan mahkota, seringkali terjadi apabila saat pencabutan mahkota gigi sudah sangat rapuh. Ini ditandai dengan bentuk lubang gigi yang sudah sangat besar atau adanya kelainan bentuk akar yang menyebabkan kesulitan saat pencabutan.
Tidak perlu khawatir, karena bisa dilakukan pencabutan kembali pada sisa akar tersebut. Untuk mempermudah pencabutan, biasanya perlu ditunggu beberapa bulan agar sisa akar gigi lebih ke atas permukaan gusi. Perlu juga pemeriksaaan penunjang seperti rontgen foto guna memperjelas posisi akar tertinggal tersebut.


Tetapi, apabila sudah menimbulkan keluhan, sebaiknya sesegera mungkin untuk dicabut ulang.
Sisa akar (tunggul) dalam ilmu kedokteran gigi disebut “gangren radiks.” Dari namanya saja “gangren” yang artinya sesuatu yang sudah “mati.” Tentunya ini sudah tidak bermanfaat lagi, karena juga merupakan tempat yang subur bagi bakteri berkembang biak. Apalagi sudah sampai mengganggu dengan timbulnya rasa sakit dan bengkak, tentunya sangat mengganggu. Rasa sakit dan bengkak menunjukkan reaksi tubuh terhadap infeksi gigi. Ditambah lagi terjadi pembentukan sekumpulan nanah juga sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi di sekitar akar gigi yang tinggal sisa akar tadi. Perlu diketahui, sisa gigi atau akar yang terinfeksi merupakan fokus infeksi atau asal infeksi yang dapat terjadi di organ tubuh lain seperti di kulit, mata, THT, saraf dan lainnya.

Gigi atau sisa akar seperti ini sebaiknya segera dicabut, tapi tentunya pasien disarankan untuk minum obat antibiotika beberapa hari sebelumnya. Ini untuk menekan infeksi yang telah terjadi sehingga pencabutan berjalan lancar tanpa hambatan.

Pencabutan tidak dapat dilakukan dalam keadaan gigi yang sedang sakit, karena pembiusan lokal (anestesi lokal) seringkali tidak maksimal. Malah akan menimbulkan rasa sakit pada saat pencabutan. Dengan kata lain gigi tidak dapat dianestesi dengan baik. Tidak perlu takut untuk menjalani pencabutan gigi apalagi kondisinya sudah sangat mengganggu. Tentunya Anda bosan meminum obat penahan rasa sakit apabila rasa sakit itu kerap timbul. Yang perlu dicermati untuk kehati-hatian pencabutan adalah adanya penyakit penyerta, seperti darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), penyakit-penyakit kelainan darah atau ada tidaknya reaksi alergi yang berlebihan. Bila Anda mengindap salah satu dari penyakit sistemik tadi, perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam sebelum dilakukan pencabutan. Namun, apabila tidak ada kelainan-kelainan tersebut tidak perlu takut untuk menjalani pencabutan. Dengan mengikuti seluruh instruksi dari dokter gigi, Anda akan menjalani pencabutan dengan aman dan lancar. Tetapi Anda telah melewati pencabutan yang lalu dengan baik, berarti faktor penyakit sistemik bisa diabaikan.

Untuk kasus sisa akar tidak atau belum tampak dari permukaan gusi dan sudah menimbulkan rasa sakit sebaiknya segera diangkat dengan cara pencabutan dengan pembedahan,dengan panduan rontgen foto tentunya. Ingatlah tindakan ini bukan bedah besar melainkan bedah kecil untuk membuka gusi saja yang harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.

Seputar Sisa Akar Gigi
Gigi dilihat dari pandangan mata mempunyai dua bagian yang terbesar yaitu mahkota gigi dan akar gigi. Pada kondisi normal mahkota gigi adalah bagian yang tampak di rongga mulut dan akar gigi terletak di dalam gusi. Pada kondisi tertentu gigi manusia tidak utuh lagi dan hanya tinggal sisa akar gigi.

Apa penyebab sisa akar gigi ?
Sisa akar gigi disebabkan oleh beberapa hal antara lain :
- Kerusakan gigi akibat karies gigi,
- Trauma,
- Tindakan pencabutan gigi yang tidak sempurna.

1. Sisa akar gigi yang disebabkan oleh karies gigi
Karies gigi terjadi karena ada bakteri didalam mulut dan karbohidrat yang menempel di gigi yang dalam waktu tertentu tidak dibersihkan. Bakteri di dalam mulut akan mengeluarkan toksin yang akan mengubah karbohidrat menjadi suatu zat yang bersifat asam yang mengakibatkan demineralisasi email. Jika setiap selesai makan ada kebiasaan berkumur dan menggosok gigi karies gigi tidak akan terjadi karena proses demineralisasi bisa diimbangi dengan proses remineralisasi oleh air liur asalkan kondisi mulut bersih. Kebersihan mulut yang baik tidak akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk mebuat lubang pada gigi kita.
Karies yang pada proses awalnya hanya terlihat bercak putih pada email lama kelamaan akan berubah jadi coklat dan berlubang. Jika kebersihan mulut tidak dipelihara lubang bisa menjadi luas dan dalam menembus lapisan dentin. Pada tahap ini jika tidak ada perawatan gigi lubang bertambah luas dan dalam sampai daerah pulpa gigi yang banyak berisi pembuluh darah, limfe dan syaraf. Pada akhirnya gigi akan mati,giginya kropos,gripis sedikit demi sedikit sampai mahkotanya habis dan tinggal sisa akar gigi.

2. Sisa akar gigi yang disebabkan karena trauma
Mahkota gigi bisa patah karena gigi terbentur sesuatu akibat kecelakaan,,jatuh,berkelahi atau sebab lainnya. Seringkali mahkota gigi patah semua dan menyisakan akar gigi saja. Trauma ini membuat pulpa gigi menjadi mati. Patah pada gigi depan bisa membuat estetika berkurang dan terkadang menimbulkan krisis kepercayaan diri pada seseorang.

3. Sisa akar gigi disebabkan oleh pencabutan yang tidak sempurna
Pada tindakan pencabutan gigi terkadang tidak berhasil mencabut gigi secara utuh. Mahkotanya patah dan akar didalam gusi masih tertinggal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain struktur gigi yang rapuh, akar gigi yang bengkok, akar gigi yang menyebar, kalsifikasi gigi, aplikasi forceps yang kurang tepat dan tekanan yang berlebihan pada waktu tindakan pencabutan. Sisa akar gigi tertinggal ukurannya bervariasi mulai dari kurang dari 1/3 akar gigi sampai akar gigi sebatas gusi. Sisa akar gigi yang hanya dibiarkan saja kemungkinan bisa muncul keluar gusi setelah beberapa waktu, hilang sendiri karena teresorbsi oleh tubuh bahkan bisa berkembang jadi kista.

Berbahayakah sisa akar gigi jika dibiarkan ?

Masyarakat masih banyak yang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya. Sisa akar gigi yang tertinggal dalam rongga mulut dibiarkan saja. Padahal akibat yang ditimbulkan sisa akar gigi banyak sekali. Sisa akar gigi bisa mengakibatkan nyeri kepala berkepanjangan, bau mulut tidak enak dan trigger pertumbuhan kista bahkan neoplasma.
Sisa akar gigi biasanya sudah tidak vital lagi,pulpanya mati. Gigi mengalami kerusakan yang parah dan setiap sisa akar gigi berpotensi untuk terjadi infeksi akar gigi dan infeksi jaringan penyangga gigi. Infeksi ini menimbulkan rasa sakit dari ringan sampai hebat, gusi mengalami pembesaran, terjadi pernanahan ,bengkak di wajah sampai sukar membuka mulut (trismus). Pasien terkadang menjadi lemas karena susah makan. Pembengkakan yang terjadi di bawah rahang ,kulit memerah, teraba keras bagaikan kayu, lidah terangkat keatas dan rasa sakit yang menghebat sangat berbahaya dan jika terlambat penanganan dapat merenggut jiwa ( Ludwig’s angina ).
Infeksi pada akar gigi maupun jaringan penyangga gigi dapat mengakibatkan migrasinya bakteri ke organ yang lain lewat pembuluh darah. Teori ini dikenal dengan Fokal infeksi. Bakteri yang berasal dari infeksi gigi masuk ke organ vital lain dan memperbesar resiko penyakit jantung,ginjal,lambung,,persendian, dan lain sebagainya. Jadi gigi yang terinfeksi menjadi pintu masuk bagi bakteri untuk menyebar ke seluruh tubuh.
Gigi yang tinggal sisa akar tidak dapat digunakan untuk proses pengunyahan yang sempurna. Gangguan pengunyahan menjadi alasan masyararakat untuk membuat gigi tiruan. Masalahnya, sampai sekarang banyak yang masih membuat gigi tiruan diatas sisa akar gigi. Keadaan ini bisa memicu terjadinya infeksi gigi dan jaringan penyangga gigi

Bagaimana penanganan sisa akar gigi ?

Sisa akar gigi yang tertinggal dalam rongga mulut tidak boleh dibiarkan saja,kecuali pada kondisi tertentu. Penatalaksanaan sisa akar gigi ini tergantung dari pemeriksaan klinis akar gigi dan jaringan penyangganya. Akar gigi yang masih utuh dengan jaringan penyangga yang masih baik, masih bisa dirawat. Jaringan pulpanya dihilangkan,diganti dengan pulpa tiruan, kemudian dibuatkan mahkota gigi. Akar gigi yang sudah goyah dan tidak dimungkinkan dirawat jaringan penyangganya perlu dicabut . Sisa akar gigi ukuran kecil kurang dari 1/3 akar gigi yang terjadi akibat pencabutan gigi yang tidak sempurna dibiarkan saja. Untuk sisa akar gigi ukuran lebih dari 1/3 akar gigi yang terjadi akibat pencabutan gigi sebaiknya tetap diambil. Hal ini kemungkinan perlu dilakukan ronsen foto gigi dahulu.
Pencabutan sisa akar gigi umumnya mudah. Gigi sudah mengalami kerusakan yang parah sehingga jaringan penyangga giginya sudah tidak kuat lagi. Untuk kasus yng sulit dibutuhkan tindakan bedah ringan.
  
Apa yang harus dilakukan jika terdapat sisa akar gigi pada seseorang ?

Kebersihan gigi dan mulut harus senatiasa dijaga dengan kebiasan menyikat gigi yang rutin pada waktu yang tepat (sesudah makan dan sebelum tidur), penggunaan sikat gigi dan cara menyikat gigi yang benar, penggunaan dental floss dan makan buah dan sayur yang berserat yang berguna untuk pembersihan gigi secara alami.Kesehatan tubuh harus tetap dijaga dengan gaya hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi, membentuk kekebalan tubuh yang diperlukan untuk menangkal berbagai penyakit termasuk penyakit gigi dan mulut.

95 komentar:

  1. Untuk menanggulangi hal tersebut diatas tentu sangat2 mahal ! iya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Lebih takut ama biayanya.

      Hapus
    2. Maaf mau tanya dok anak saya umr 5thun 3 bulan udah gigi bawahnya goyang 2 saya udah cabut yg pertama goyang. Trus yg ke dua giginya goyang udah saya cabut juga tpi akarnya gak ngikut dikit apakah itu bisa tumbuh lagi dot???

      Hapus
  2. Disamping mahal pasti menyakitkan,

    BalasHapus
  3. Saya hbis mlakukan pncabutan gigi 4 skligus guna pmasangan kawat gigi...tp ternyta masih ada sisa patahan ������...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit atau gak habis cabut 4 gigi sekaligus? 😰😰😰

      Hapus
    2. Untuk saudari Lia, saran saya lebih baik tangani sedini mungkin sisa patahan gigi yg masih tertinggal, karena banyak komplikasi yang akan ditimbulkan bila dibiarkan.

      untuk saudara nixander, jangan takut ke dokter gigi untuk merawat gigi, pencabutan gigi biasanya terasa tidak sakit karena sebelum pencabutan pasti dilakukan anstesi terlebih dahulu untuk mencegah rasa sakit.

      terima kasih banyak sudah mengunjungi blog saya.
      semoga info ini bisa membantu.

      Hapus
    3. Pak Romaldo, bukan soal sakit dicabutnya bagi saya, tapi disuntik anestasinya itu loh yg sy takutkan

      Hapus
    4. Gak sakit kok kak, tadi saya cabut gigi. 3 kali suntik. Pas suntik pertama gk terasa sakit sama sekali, kedua dan ketiga juga gitu. Awalnya emang ngira nya sakit. Ternyata gk kerasa.

      Hapus
    5. Habis selesai pipinya jadi mengembang ngga kak

      Hapus
    6. Suntik anastesinya nggak sakitt sama sekali, kaya dicubit aja, pipinya juga ga bengkak, cuma ada rasa kebas gitu

      Hapus
    7. Br 4 hr cabut gigi graham atas 2 di singapore ..tp masih ada akar tertinggal apkh hrs di cabut ulng ..bagaimna klo cm di biarkan apakah berbahaya

      Hapus
  4. Aq juga masih ada sisa akar gigi di dalam gusi, rasanya luar biasa sakit dan kurang percaya diri. Semoga cepat sembuh gigiku. Amin

    BalasHapus
  5. Aq juga masih ada sisa akar gigi di dalam gusi, rasanya luar biasa sakit dan kurang percaya diri. Semoga cepat sembuh gigiku. Amin

    BalasHapus
  6. Yang paѕтι ѕangaт мenyaĸιтĸan dan мenyeвalĸan sangathhhdd

    BalasHapus
  7. Yang paѕтι ѕangaт мenyaĸιтĸan dan мenyeвalĸan sangathhhdd

    BalasHapus
  8. kira" membersihkan akarnya berapa?
    dan cabut giginya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy mau cabut sisa akar gigi disuruh ke bag.spesialis bedah mulut dng biaya 1juta di rumah sakit al'Irsyad sby.

      Hapus
    2. Sama mas, saya juga di suruh ke bedah mulut malahan 4 gigi yang harus di periksa

      Hapus
    3. Pakai bpjs aja, ke drg umum dulu, nanti dikasi rujukan ke rumah sakit, gabayar

      Hapus
  9. Saya juga lagi sakit gigi, udah 2minggu ga sembuh2. Udh ke dokter. Dikasih obat ga ilang2 juga. Pdahal niatnya mau cbut kalau rsa skitnya hilang.

    BalasHapus
  10. Klo sisa gigi susu yg kropos tapi masih nempel digusi itu bahaya ga?
    Umur udh 20, tapi sisa gigi susu masih ada berdampingan dg gigi dewasa
    Itu ditanganinya bgmn? Ada yg tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi susukan masih bisa tumbuh lagi jadi mungkin nda masalah sih yaa ?? 😁😁

      Hapus
    2. Gigi susukan masih bisa tumbuh lagi jadi mungkin nda masalah sih yaa ?? 😁😁

      Hapus
    3. Sebaiknya gigi susu nya di cabut,karena kalau tidak dia akan mengambil tempat gigi permanen dan itu akan membuat gigi berjejal pada gigi :)

      Hapus
    4. Sy dulu pernah gigi susu copot sendiri.krna kesundul sm gigi yg baru.. 😂.. Gk sakit sama sekali.. Mana waktu itu makan baso.. Tiba tiba gigi sy jatoh.. Maluu deh saya..

      Hapus
  11. Klo sisa gigi susu yg kropos tapi masih nempel digusi itu bahaya ga?
    Umur udh 20, tapi sisa gigi susu masih ada berdampingan dg gigi dewasa
    Itu ditanganinya bgmn? Ada yg tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah aman. Tadi ak barusab cabut sisa akar gigi susu yg berdampingan dengan gigi dewasa.umur ane masih 18 nggak beda jauh dgn agan.

      Hapus
    2. insyaallah aman. Tadi ak barusab cabut sisa akar gigi susu yg berdampingan dengan gigi dewasa.umur ane masih 18 nggak beda jauh dgn agan.

      Hapus
    3. insyaallah aman. Tadi ak barusab cabut sisa akar gigi susu yg berdampingan dengan gigi dewasa.umur ane masih 18 nggak beda jauh dgn agan.

      Hapus
  12. sekarang saya juga ada sisa patahan gigi .rencana mau cabut.gk tau skrg brp dulu sktr 5th lalu sya pernah jga bedah kcl sekitar 600 650.tergantung dr nya jga dm daerahnya.sy dulu langganan sm ni dr ramah bgt.secara ssh cr dr yg ramah khususnya drg.sy takut ke drg tp sejak knl beliau sy jd berani kontrol.sygnya skrg pibdah di jakpus :( ... mgg kmrin ke drg lain aduh ketus bgt.maunya padien dtg duduk buka mulut.tegang n serius bgt... sikap drg yg bgni ni bikin pasien tkt utk periksa gigi.hrsnya drg tu ramah... hehe kepnjgan mala jd curhat hihohi

    BalasHapus
  13. klo kasus bgini gmn yah bang ?
    jd gigi geraham saya yg posisi paling belakang (terakhir) ternyata berada di dlm gusi, tdk muncul/nampak sama sekaki jd hanya bs dilihat dr hasil rontgen..

    pertanyaan sy :
    1. apakah perlu dicabut/didiamkan saja ?
    2. apa saja efek gigi yg tertutup oleh gusi tsb ?

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya ada dua gigi bungsu di geraham bawah pas tanya ke dokter impaksi namanya d suruh cabut lalu ku cabut tapi cuma satu dulu ,pas yg satunya di di biarin rupanya lama kelamaan giginya rusak dan ngak mau tumbuh keluar semua cuma separuh gigi saja solusinya ya harus d cabut tapi....... rasakan gregetnya .

      Hapus
    2. Harus ke dokter spesialis bedah gigi gan bukan poli gigi.

      Hapus
    3. Selama gk sakit gpp kali ya.

      Hapus
    4. Berapa biaya bedah gigi yang impaksi kak?

      Hapus
    5. Saya 300rb sdh sama obatnya

      Hapus
  14. klo kasus bgini gmn yah bang ?
    jd gigi geraham saya yg posisi paling belakang (terakhir) ternyata berada di dlm gusi, tdk muncul/nampak sama sekaki jd hanya bs dilihat dr hasil rontgen..

    pertanyaan sy :
    1. apakah perlu dicabut/didiamkan saja ?
    2. apa saja efek gigi yg tertutup oleh gusi tsb ?

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu impaksi berarti.. saya juga pernah mengalaminya. Dan akhirnya harus dicabut, karena posisinya yang benar-benar miring. Tapi kalo misal gak mengganggu gak masalah.lebih baik konsultasikan ke drg. Sp. Bedah mulut dan bawa hasil rontgennya

      Hapus
  15. Saya mau tanya, gigi geraham saya (paling akhir) seperti ada sisa patahanya, dan sekarang sudah tertutup oleh gusi, terkadang baunya gk enak, kira2 apakah sisa patahan itu bisa dihilangkan atau tidak? Dan apakah harus dihilangkan?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  16. gigi susu saya copot, tapi cuma satu akar yg copot, satunya tertinggal, dan gigi saya bolong lumayan besar. di gusi sy jg ada gigi yg sdikit menonjol. jadi sy hrs gmna ya?
    makasih sblmnya :)

    BalasHapus
  17. Slmt malam. Ayah sy sdh sakit gigi lbh dr 20thn. Sdh berbagai mcm obat di minu. Dr cabut gigi yg sakit, rontgen kemudian cabut akar giginy tp msh ttp sakit jg sampai skrg. Apakh ad cra lain spy gigi ayh sy tdk sakt lg?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. akar gigi 😁😁😁 😔😔

    BalasHapus
  20. Dokter anastesi itu apakah saki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sakit kok. Saya baru saja cabut gigi dan saat paling menakutkan pas suntik anastesi. Ketika dokter mau ngambil suntikan saya langsung merem gak mau liat jarum suntik dan ketika dokter menyuntikan obat bius saya merem dan memfokuskan pikiran ke hal yang lain. Ada pegelnya dikit tapi tidak terlalu berarti.

      Hapus
    2. Sakit gk si pas dicabut sisa gigi walau sudah disuntik anestesi?

      Hapus
    3. Awalnya takut bngt, tp emg sakit cuman ga sakit2 bngt

      Hapus
  21. Butuh brp lama pencabutan ulang dikarenakan sisa akar?

    BalasHapus
  22. Kalo itu terjadi pada gigi susu anak..krn pencabutan sendiri (bkn k dkter gigi) apa yang hrs d lakukan?

    BalasHapus
  23. Kalo itu terjadi pada gigi susu anak..krn pencabutan sendiri (bkn k dkter gigi) apa yang hrs d lakukan?

    BalasHapus
  24. Saya mau tanya, Saya Kan habis cabut Gigi geraham saya yg kiri bawah. Dan dua hari lagi, Gigi geraham Saya yg kanan akan dicabut juga, karena semuanya merupakan sisa akar gigi. Yg Saya ingin tanya, kalau penanganan setelah ini itu apakah harus implan Gigi? Kan biayanya mahal bgt, 15jt tuh katanya.. Selain implan Gigi apa yah, yg bisa dilakukan?

    BalasHapus
  25. Saya baru mau ke DRg nih krn Radix terlihat di rontgen , cuma apa Drg bisa menerima pasien BPJS ya? Mohon pencerahannya thanks!!

    BalasHapus
  26. Tgl 22 april kemarin saya cabut gigi.. stelah beberapa hari saya merasakan sakit yg amat sangat.. kemudian menemukan ada benda keras di di bekas gigi yg dicabut.. saya kembali ke dokter gigi dan ternyata iu gigi.. akhirnya dilakukan pencabutan lagi.. aa beberapa serpihan yg diambil, akan tetapi sekarang saya merasakan lagi ada benda keras...
    Pertanyaannya;
    1. Apakah itu serpihan gigi? Bagaimana supaya pencabutannya bisa tuntas?
    2. Ketika pengambilan serpihan2, dokter bilang aa granula.. apakah granula itu? (Kmrn lupa tanya dokternya)
    3. Dalam keadaan sakit di gusi ini.. apakah mungkin dilakukan pencabutan serpihan lagi?
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  27. Saya baru saja cabut gigi tapi karena keadaan giginya sangat rapuh jadi ketika dicabut tidak bisa sampai akar. Sehingga masih ada akar gigi yang tertinggal dan ditangani hampir 1 jam masih belum bisa. Baiknya gmn ya nanti kedepannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak saya gan, baru kemarin cabut masih sisa didalamnya. Kalau saya disuruh balik ke dokter lagi minggu depan, katanya nunggu akarnya naik

      Hapus
    2. Terus gimana? Skrg udah di cabut lagi? Aku juga gituu.

      Hapus
    3. Terus gimana? Skrg udah di cabut lagi? Aku juga gituu.

      Hapus
    4. aku ya sama, terus gimana mas?
      tolong di share mas.

      Hapus
    5. Sekarang gimana kondisinya mas?
      Udah kecabut semua?

      Hapus
  28. Kalau sisa akar gigi tidak di lepas tapi kebersihan mulut di jaga gimana dok?

    BalasHapus
  29. Dok kira" harga untuk cabut akar gigi brapa... dan apakah terasa sakit saat penanganan ??


    Terima kasih

    BalasHapus
  30. Gigi saya juga masuk didalam gusi. Tapi saya takut dokter tdk bisa mencabutnya soalnya gigi yg ada diatasnya sdh bergeser ke tempat gigi yg didalam gusi trsebut.solusinya bgmna ya

    BalasHapus
  31. Mohon balasannya dong,,bru slsai cabut gigi geraham akarnya msh tersisa di dalam gusi tapi sakitnya udah mau seminggu blum hilang..susah makan susah ngomong,ngilu sakit mulu..bgmna sebaiknya??katanya mesti nunggu 1 bulan lagi buat di cabut akarnya..atau sy harus segera ke dikter spesialias bedah mulut biar sakitnya hilang atau bgmna??terimakasih

    BalasHapus
  32. aku habis cabut gigi seri 4 ke kiri krn karies, jd tinggal tunggul, blm ada keluhan sakit yg amat sih, cm kalau ada makanan yg keras pas kena lubang yg udh keliatan gusi y nyuuuuut bgt.. akhir y coba periksa ke drg pake Bpjs, dirujuk ke RS. Dan cabut sampe akar.. rasanya Nyoooosss, sampe bius 2x
    Pas sampe rmh ngaca ternyata di bedah gusiku, yg bikin sakit y itu.. kalau cabut gigi y sih agak linu ada bunyi kreeeteeek gt..

    BalasHapus
  33. Sy selasa kmren 19 maret 2019..cabut gigi atas ke 3 dr graham..giginya dah keropos n mahkotanya jg gada..sebelumnya tidak pernah sakit..setelah 3 hari cabut koq berasa keras digusi n kaya akar gigi ketinggalan..klo disentuh sakit n lgsug rasanya nyeri..gimana ya..apa inj akar gigi yg ketinggal..n apa harus dicabut..luka gusi bekas cabutan jg blm sembuh..tolong bantujwab dong

    BalasHapus
  34. Saya juga gigi depan samping awal nya bolong kecil lalu d membesar,ditambal,tambalan copot,males ke dokter lagi alhasil jd patah, ni ada sisi sedikit, bau banget deh ga nyaman banget, hueeks

    BalasHapus
  35. Disuntiknya kya digigit semut koq..s.d dicabutnya tak terasa apa2..tp setelahnya itu..hadeuh...lmyan..senut2..nelen darah dari luka gusi yg bru dicabut

    BalasHapus
  36. Tunggul gigi taring yg patah diapain baiknya....
    Tolong penjelasannya...?
    Trims

    BalasHapus
  37. Kemaren saya baru cabut gigi atas,, tapi akarnya ga bsa tercabut katanya kemungkinan akarnya miring jadi susah, sama dokternya cuma dkasih obat pereda nyeri saja, trs dsuruh balik lagi minggu dpan buat cabut akarnya,,
    Tpi hari ni pipi mulai bengkak dan gusi bekas cabutan kemaren jadi bernanah, klo gtu gmn ya apa harus nunggu mnggu fpn buat periksa lagi ato harus skr soalnya klo bernanah gtu kan brarti ada infeksi takut jadi tambah parah

    BalasHapus
  38. Kemaren saya baru cabut gigi atas,, tapi akarnya ga bsa tercabut katanya kemungkinan akarnya miring jadi susah, sama dokternya cuma dkasih obat pereda nyeri saja, trs dsuruh balik lagi minggu dpan buat cabut akarnya,,
    Tpi hari ni pipi mulai bengkak dan gusi bekas cabutan kemaren jadi bernanah, klo gtu gmn ya apa harus nunggu mnggu fpn buat periksa lagi ato harus skr soalnya klo bernanah gtu kan brarti ada infeksi takut jadi tambah parah

    BalasHapus
  39. Di cabut ngk sakit dibius,akar syaraf gigi klau ngk di cabut sampe syaraf otak,takut nanti kanker gigi klau di cabut sisi gigi keropos

    BalasHapus
  40. Sorry ketik,klau ngk di cabut gigi keropos apapun bisa menyebar ke gigi lain.apalgi psng gigi palsu hrus bersih dri sisi gigi keropos.

    BalasHapus
  41. Kalau cabut akar gigi berapa biayanya ya😁kira2....kok lebih takut sama biayanya drpda proses pencabutanya😷

    BalasHapus
  42. Baru td malem cabut gigi geraham bawah yg keropos.. Waktu penanganan si gak sakit cuma kasihan sm drg nya aja kayanya susah bgt pas ditanya katanya emg lebih gampang kalau cabut gigi sehat. Skrg paginya agak bengkak di pipi nya. Cuma minggu depan balik lg buat buka jahitan.. Fyi biayanya plus obat sekitar 1,7 jt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw cabut gigi cuma sisa gusi aj. 200 san sama obat kok kalian pada mahal" brobat d mana atau cabut d mana? Klinik? Atau dokter praktek? Saya rmh sakit resmi tapi harganya tidak seperti yg kalian beritakan!
      Insyallah semoga semua d permudakan dan cepat sembuh

      Hapus
  43. Kalo rawat saluran akar harganya berapaan ya? Dan biasanya sampe brapa kali prtemuan?

    BalasHapus
  44. Gmna y cbut ggi gk y jd bgung .
    Bln llu saya sdh tnda tngan tdk mau bngkar tmbalan ggi saya .
    Tp klian pda ngomongin ggi karies dcbut .tp bhy juga ya klo karies bsa mnybar kmna2 .aduh,q hrs apa ya???

    BalasHapus
  45. Gmna y cbut ggi gk y jd bgung .
    Bln llu saya sdh tnda tngan tdk mau bngkar tmbalan ggi saya .
    Tp klian pda ngomongin ggi karies dcbut .tp bhy juga ya klo karies bsa mnybar kmna2 .aduh,q hrs apa ya???

    BalasHapus
  46. Akar gigi sakit luar biasa sampai keluar air mata takut kedokter akhirnya beli obat racikan/stelan hasilnya lumayan 2 -3 hari hilang sakitnya tp nanti kambuh lagi. Aman ndak ya....?

    BalasHapus
  47. Akar gigi tertinggal akibat pencabutan tdk sempurna, brp lama akar tsb bisa muncul dipermukaan gusi dan bisa dicabut kembali?...Mohon penjelasan.

    BalasHapus
  48. nah ini kalo kurang gimana, malu banget pasti nya, emang lebih takut sama biaya nya

    BalasHapus
  49. Ibu saya sudah hampir 1 tahun tunggul geraham atasnya dicabut,tapi kenapa masih terasa nyeri yang hebat?

    BalasHapus
  50. Aku hbis cabut gigi geraham akarny tertinggl

    BalasHapus
  51. Gigi geraham saya pataj sendiri karna sering saya goser pakai lidah, sekarang jadi tinggal akarnya aja didalam gusi,kalo tidak dicabut apakah berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya jg gitu, ada 4 gigi malahan yg gitu, bingung mau cabut tp takut

      Hapus
    2. Saya pun samaaa. Gimana mba udah di cabut?

      Hapus
  52. Malam. Anak saya umur 7th, gigi atas sudah rusak dan sisa akar giginya, saya sudah cek kepuskesmas tapi kata dokternya itu tidak bisa dicabut karena masih gigi susu. Apakah ada solusi biar bisa akar giginya itu lepas? Makasi🙏

    BalasHapus
  53. GIGI SAYA CABUT KANAN BAWAH PALING HUJUNG IAITU GIGI BONGSU. LEPAS CABUT RASA SAKIT SAMPAI MALAM. KELUAR AIR MATA. TERBANGUN DARIPADA TIDUR. GIGI SATU SAJA ADA GAYA PATAH IAITU MUNGKIN SATU AKAR GIGI TERTINGGAL DALAM GUSI. AKAR SATU LAGI ITU MEMANG MACAM KERIS. DOKTOR GIGI ITU NAFIKAN AKAR GIGI TERTINGGAL DALAM GUSI ITU.

    SAYA CUBA MAKAN ANTIBIOTIK YANG DIBERIKAN DULU. UBAT TAHAN SAKIT JARANG 2KAN MAKAN UNTUK KESAN SAKIT SEBENARNYA.

    JIKA LEPAS SEBULAN MUNGKIN SAYA JUMPA DOKTOR GIGI YANG LEBIH TINGGI. TQ.

    BalasHapus
  54. GIGI SAYA CABUT KANAN BAWAH PALING HUJUNG IAITU GIGI BONGSU. LEPAS CABUT RASA SAKIT SAMPAI MALAM. KELUAR AIR MATA. TERBANGUN DARIPADA TIDUR. GIGI SATU SAJA ADA GAYA PATAH IAITU MUNGKIN SATU AKAR GIGI TERTINGGAL DALAM GUSI. AKAR SATU LAGI ITU MEMANG MACAM KERIS. DOKTOR GIGI ITU NAFIKAN AKAR GIGI TERTINGGAL DALAM GUSI ITU.

    SAYA CUBA MAKAN ANTIBIOTIK YANG DIBERIKAN DULU. UBAT TAHAN SAKIT JARANG2KAN MAKAN UNTUK KESAN SAKIT SEBENAR.

    JIKA LEPAS SEBULAN SAKIT MUNGKIN SAYA JUMPA DOKTOR GIGI YANG LEBIH TINGGI. TQ.

    BalasHapus
  55. Istri saya habis cabut gigi ,tapi sebagian giginya ada yang patah di dalam ,setelah itu pergi lagi ke DOKTER yang bersangkutan ,tapi tanpa di duga dokternya malah marah marah ,katanya itu bukan gigi itu sisa makanan katanya,tapi memang gigi yang tertinggal soalnya keras tapi dokter itu makin marah ,malah ngomong begini kalau ibu mau laporin saya silahkan Bu ,saya sudah 40 tahun kerja ,sudah Bu ya jangan datang lagi berobat kesini ,dasar anjing tu dokter ,mudah mudahan di sadarkan dengan karma tuh dokter

    BalasHapus
  56. Dokter itu dokter Ginanjar ,alamatnya di salabenda Bogor hati hati yang berobat kesana,biar gak nyesel

    BalasHapus